Jumat, 26 September 2014

Travel Guide: Pantai Carocok Painan, Pantai Kebanggaan Rang Pasisie

Pantai. Apa yang akan anda lakukan jika berkunjung ke objek wisata pantai? Apakah berenang di laut, duduk di pinggir pantai sambil mendengar suara ombak, atau melihat indahnya matahari terbenam? Ya, semua itu memang hal - hal yang sering dilakukan para pengunjung wisata pantai.

Kegiatan seperti itu pun bisa dilakukan di Pantai Carocok Painan. Tapi di objek wisata ini ada hal lain yang bisa dilakukan, yaitu para pengunjung bisa menikmati suasana pantai dengan menyusuri jembatan yang dibangun dari bibir pantai ke arah tengah laut di beberapa tempat di pantai ini. Anda juga bisa menyeberang ke pulau - pulau yang ada di sekitar pantai ini dan sekaligus bisa menikmati fasilitas permainan yang ada di sana.

Foto 1. Pemandangan di Pantai Carocok
Pantai Carocok berlokasi di Kota Painan, kota ini adalah ibu kota Kabupaten Pesisir Selatan, Propinsi Sumatera Barat. Jaraknya kurang lebih 77 km arah selatan Kota Padang, ibu kota Propinsi Sumatera Barat. Untuk mencapai tempat ini, pengunjung membutuhkan waktu 2 - 2,5 jam perjalanan dari pusat Kota Padang.

Jika menggunakan kendaraan umum, pengunjung bisa naik angkutan kota (angkot) jurusan Teluk Bayur, lalu turun di Simpang Gaung. Dari sini perjalanan menuju Painan dilanjutkan dengan naik bus jurusan Padang - Painan.

Simpang Gaung ini adalah salah satu terminal bayangan yang ada di Padang, di sini lah bus Padang - Painan menunggu penumpangnya. Perjalanan bus ini berakhir di Terminal Sago, tapi jika tujuan anda ke Painan, anda harus naik angkot lagi yang menuju Painan, waktu tempuhnya kira - kira 15 menit, lalu anda minta diturunkan di simpang Carocok. Dari simpang ini, perjalanan ke pantai carocok dilanjutkan dengan menggunakan jasa ojek. Selain naik angkot, dari Terminal Sago anda juga bisa menggunakan jasa ojek dan minta langsung diantar ke Pantai Carocok Painan.
Foto 2. Petunjuk Jalan ke Pantai Carocok

Sedangkan jika menggunakan kendaraan pribadi, jalur yang akan anda lewati adalah pusat Kota Padang - daerah Seberang Padang - Simpang Gaung - jalan raya Padang Painan - Kota Painan. Menjelang Km 77 Jalan Raya Padang Painan, anda akan melihat petunjuk jalan ini (Foto 2) dan tidak jauh dari petunjuk jalan itu terlihat gerbang masuk Pantai Carocok Painan. Silahkan anda masuk ke gerbang ini, lalu belok kanan, ikuti terus jalan tersebut dan anda akan sampai di Pantai Carocok. 

Foto 3. Jembatan Yang Menuju Pulau Batu Kareta
Bagi rang pasisie, sebutan untuk masyarakat pesisir selatan, pemandangan pantai adalah hal yang sudah biasa mereka lihat karena daerah Pesisir Selatan memang sebagian besar berada di pinggir pantai, namun masyarakat setempat tetap tertarik untuk berkunjung ke Pantai Carocok, hal ini mungkin disebabkan suasana yang berbeda dari pantai yang ada di dekat tempat tinggal mereka serta adanya fasilitas menarik yang ada di Pantai Carocok. Selain masyarakat Pesisir Selatan, pantai ini juga banyak didatangi oleh pengunjung dari luar Pesisir Selatan, bahkan dari luar Sumatera Barat. Para pengunjung Pantai Carocok bisa menikmati suasana pantai dengan duduk di pinggir pantai sambil memandang ke arah tengah lautan. Jika membutuhkan tikar untuk duduk, anda bisa menyewa dari penduduk sekitar yang memang menyediakan penyewaan tikar. Cara lain untuk menikmati suasana pantai adalah dengan menyusuri jembatan yang dibangun dari pinggir pantai ke arah tengah lautan. Salah satu jembatan ini mengarah ke Pulau Batu Kareta. Dengan jembatan ini, anda bisa menyeberang ke Pulau Batu Kareta, salah satu pulau yang ada di sekitar Pantai Carocok. Pulau lain yang sering dikunjungi adalah Pulau Cingkuak. Untuk menyeberang ke Pulau Cingkuak, pengunjung harus menggunakan perahu motor.
Foto 4. Pengunjung Sedang Menikmati Permainan Banana Boat
Harga tiket masuk ke Pantai Carocok adalah Rp.5000/ orang (harga bulan Juli 2014),  sedangkan untuk menyeberang ke Pulau Cingkuak menggunakan perahu motor dikenakan biaya Rp. 10.000/ orang untuk sekali jalan atau Rp. 20.000/ orang untuk perjalanan pulang pergi. Ada beberapa macam permainan yang ada di pulau itu, antara lain Banana Boat dan  Perahu Donat. Tarif permainan Banana Boat adalah Rp. 25.000/ orang dan Perahu Donat tarifnya Rp. 30.000/ orang.

Fasilitas lain yang tersedia di sini adalah lapangan parkir yang cukup luas, toilet, serta musholla. Selain itu ada juga para penjual souvenir khas Pantai Carocok Painan. Bagi para pengunjung yang berasal dari luar Pesisir Selatan yang ingin menginap di Painan, ada beberapa penginapan yang bisa anda pilih untuk tempat bermalam, tempat itu antara lain Wisma Anordio di Jl. Rawang, Painan dan Hotel Adhikarya di Jl. Ilyas Yacub, Painan. Berwisata ke Pantai Carocok rasanya belum lengkap jika anda tidak mencoba hidangan khas daerah pantai, yaitu makanan dengan bahan dasar ikan laut yang segar. Salah satu makanan yang diminati adalah Gulai Ikan. Ada beberapa rumah makan di sekitar pantai ini yang menyediakan menu tersebut.

Para pengunjung yang masih punya banyak waktu untuk berwisata di Kota Painan bisa menikmati pemandangan Pantai Carocok dari puncak Bukit Langkisau, bukit ini lokasinya tidak jauh dari Pantai Carocok. Untuk bisa sampai di puncak Bukit Langkisau, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik itu kendaraan roda empat atau pun kendaraan roda dua, tapi pastikan kendaraan anda dalam kondisi yang baik serta orang yang mengendarai kendaraan tersebut sudah terbiasa dengan tikungan dan tanjakan yang tinggi. Kalau anda tidak menggunakan kendaraan pribadi, ada tukang ojek yang bisa disewa untuk mengantarkan anda ke sana. Oya, selain menggunakan kendaraan, puncak Langkisau juga bisa dicapai dengan berjalan kaki, tentunya dengan catatan kondisi fisik anda memungkinkan untuk mendaki bukit.

Demikian gambaran tentang Pantai Carocok Painan dan daerah di sekitarnya serta kegiatan - kegiatan yang bisa dilakukan di lokasi tersebut. Anda dapat menikmati suasana di sana dan melakukan berbagai kegiatan sesuai dengan kondisi dan waktu anda. Selamat berwisata ke Pantai Carocok Painan, pantai kebanggaan Rang Pasisie.

"Tulisan ini diikutsertakan dalam event Giveaway #WisataNusantara Komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis"


5 komentar:

Sarah ufaira mengatakan...

Jadi kepengin menikmati pantai carocok.. indah sekali.. n tidak terlalu mahal tentunya. Hihihi. Tapi mahal ongkos kesananya :(
*orang jogja

Syerly mengatakan...

Iya, mba Sarah, terima kasih... Mudah-mudahan nanti ada jalannya mba Sarah bisa berwisata ke Sumatera Barat dan bisa menikmati Pantai Carocok...:) Salam kenal ya, mba...

Unknown mengatakan...

Halloooo...
Salam kenal kak syerly..
Mohon izin bertanya

Untuk data diatas bulan dan tahun berapa ya? :)
Aku ada rencana berkunjung kesana..

Thanks Alot Before..
Salam Traveller

Dhelia P. Aurora

Syerly mengatakan...

Hai Dhelia... salam kenal juga...:)

Data yang ada di tulisan di atas itu Bulan Juli - Agustus tahun 2014.
Waktu lebaran tahun lalu.
Oh ya, Dhelia mau ke sana? Selamat menikmati kunjungan ke Pantai Carocok ya...
Ada info tambahan juga kalau sekarang ada beberapa penginapan baru di Painan yang bisa digunakan oleh pengunjung Pantai Carocok yang ingin menginap di Painan.
Salah satunya adalah Langkisau Resort. Hotel ini beralamat di Jl. Baru Pantai Salido Km 0,8 Painan, Pesisir Selatan. Lokasinya tidak jauh dari pantai Carocok.

Terima Kasih atas kunjungannya ke blog ini... :)
Salam Traveller

Unknown mengatakan...

oh ya kak, kpan mau prgi ksana lgi?

soalnya dhelia ksana sendirian, dhelia krang tau kota painan :)

dhelia btuh pembimbing dsana, kakak mau gk nemenin dhelia kesna???

Salam Traveller

Posting Komentar